Jalan - Jalan ke Jakarta Kota dan Juanda

Jakarta..

Terdengar tidak asing nama itu. Ya, itu nama kota sekaligus ibu kota Indonesia. Dulu, mungkin Jakarta masih terdengar asing untuk orang dari negara lain yang menginjakan kaki di Indonesia. Malahan Bali yang lebih populer dibandingkan Jakarta. Bahkan kata orang yang di luar sana, Indonesia itu ada di Bali wkwkwk nyengir dulu aja deh.

Lama kelamaan ya udah banyak yang tau Jakarta, banyak yang tau tentang indonesia dan banyak turis-turis yang travelling di beberapa wilayah di Indonesia. Udah terkenal deh *cihuy*

Kayaknya kaku banget ya tulisannya wkwk *skip*

Bulan lalu, tepatnya hari Jumat (18 September 2015) saya bersama teman-teman jalan-jalan untuk nge-refresh otak lagi. Bukan karena kuliah dan banyaknya ujian, melainkan karna saya sudah berdiam diri dirumah terlalu lama. Bhosen khan. Terlalu kecepetan ternyata pilih liburan ke Malangnya pas hari kemerdekaan dan hari pertama dimulainya libur kuliah. Setelah dari Malang ya sehari-hari cuma bangun tidur, makan, main laptop berjam-jam, makan, ketiduran, beres-beres rumah, istirahat, tidur, dan itu berulang-ulang selama beberapa minggu menuju waktunya liburan akan habis dan mulai masuk kuliah.

Yaudah dari pada jadi zombi lumutan di dalem rumah, mending jalan-jalan lagi aja.

Tiba-tiba aja kepengen jalan-jalan di sekitar Jakarta. Ajak deh temen-temen karena masih belum ada keberanian buat berkelana sendirian wkwk. Tujuan saya yaitu ke Jakarta Kota atau orang biasa menyebut Kota Tua.

Jam 07.00, Saya bangun tidur  dan langsung mandi. Selesai mandi (pakaian biasa), beres-beres rumah sebentar lalu berpakaian (pakaian pergi) *kenapa diperjelas? entar mikirnya abis mandi ga berpakaian langsung beres-beres rumah, skip*. Jam 08.15 Sudah beres langsung aja keluarin motor dan cuuuss menuju stasiun. Saya janjian sama temen-temen di stasiun Pondok Cina.

Berasa lama banget di perjalanan dan akhirnya sampai. Untung dapet parkir. Sekitar jam 8.50 saya sampai di stasiun lalu ketemuan sama Elly dan Laila. Biasa, setiap ketemuan sama temen pasti saya nyengir-nyengir wkwk. Pas banget setelah ketemu temen, kereta tujuan Jakarta Kota dateng. Yeeaay lalu naik. Keretanya rame. Tapi lumayan lah ga kayak waktu pengen pergi ke GALNAS atau DUFAN gitu lupa, penumpanya sampe nempel dipintu muka nempel dikaca wkwk saking penuhnya.

Sepanjang perjalanan yang saya omongin sama temen-temen tentang IPK, tentang nilai-nilai, ngomongin orang, dan lain-lain. Rame deh berisik wkwk. Oh iya, temen saya yang ikut ga cuma mereka berdua, ada khusnul dan Ayya yang nantinya ketemuan di Stasiun Jakarta Kota.

Dalam perjalanan, saya dan temen-temen berdiri terus di kereta dari awal berangkat sampe di Stasiun Mangga besar kayaknya baru duduk.

Sampai di Stasiun Jakarta Kota sekitar jam 11. Sambil nunggu Khusnul dan Ayya dateng, beli minuman dulu. Akhirnya khusnul dateng. Tapi ga bareng Ayya. Biar entar Ayya nyusul. Cus langsung menuju Museum Fatahilah. Sepii~

Waktu itu perdana ke Kota Tua, Museum Fatahilahnya belum dibuka. Sedang ada perbaikan. Sekarang sudah dibuka dan masuk deh.

Di dalam ya biasa aja paling banyak meja-meja, tempat-tempat sejarah jaman dahulu, dan lain-lain. Tapi bangunan dan jendela-jendelanya menarik buat di foto wkwk. Disana banyak tulisan-tulisan yang menceritakan sejarah gedung museum fatahilah. Tujuan saya kesana hanya mau foto dan bikin video dokumentasi, bukan untuk belajar sejarah wkwkwk parah wisatawan macam apa itu wkwk.

Ini ada foto-fotonya ;)

Setelah dari Museum Fatahilah, saya dan temen-temen pergi ke tempat selanjutnya yaitu Museum Bank Indonesia dan juga sekalian ketemu sama Ayya disana. Tapi sebelum kesana, saya tertarik sama patung bapa-bapa sedang memegang senjata dan didepannya ada sepeda. Bapa-bapanya itu ya orang beneran yang berlaga menjadi patung. Kasian liatnya panas-panasan lalu berlaga menjadi patung yang kaku. Lalu saya dan temen-temen siapkan uang dan foto. Pas Elly deketin, awalnya ga ada respon. Dieeem aja. Eh tiba-tiba bergerak terus nyengir. Kan kaget wkwk. Ini dia foto-fotonya

Dari Museum Fatahilah menuju ke Museum Bank Indonesia tidak memakan waktu yang lama. Hanya sebentar dan dekat. Akhirnya sampai~

Yap seperti biasa, di museum selalu menyuguhkan banyak tulisan tentang sejarah ya. Orang-orang yang berkunjung pada asik baca dan ingin tau sejarah museum tersebut. Sementara, biasa saya sama temen-temen cuma mau foto-foto dan bikin video huehehe. Tapi di Museum Bank Indonesia lebih menarik sih dan gak ngebosenin. Berikut ini ada foto-foto di dalam museumnya

Biasa yang namanya perempuan ga pernah absen yang namanya narsis untuk foto. Jadi, Elly, khusnul dan Laila bingung mau gaya foto yang seperti apa. Dan ide khusnul pun muncul. Dia buka instagramnya Shiren Sungkar dan dia pilih salah satu foto candeed nya Shiren Sungkar.

Ekspektasi fotonya sih kayak gini :
 Realitan fotonya sih kayak gini :

GAGAL wkwkwk..

Terus kami lanjut jalan lagi sampai ke ruangan yang banyak foto tokoh-tokoh  gubernur Bank Indonesia. Mereka minta foto lagi dengan gaya yang tadi lagi.

Ekspektasinya sih gini :

Realitanya sih gini :

yang ini lumayan lah. Mirip. SEDIKIT. wkwkwkwwkwkwk

Saatnya keluar dari ruangan. Sampailah kami di ruang terbuka yang menyuguhkan pemandangan arsitektur bangunan museum itu.

Di museum tersebut juga ada ruangan yang berisi banyaknya emas batang dan ada replika emas batang yang dibuat dan dibentuk sesuai ukuran dan berat dari emas asli. Berat banget ternyata wkwk. Yang namanya museum "bank" pasti juga memamerkan jenis-jenis uang disana dong. Disana banyak uang-uang kertas dan logam yang dipamerkan mulai dari uang yang sudah bertahun-tahun lamanya sampai uang yang sekarang masih digunakan.

Capek juga keliling museum. Saatnya menentukan akan pergi kemana ya selanjutnya.. Awalnya mau coba ke Sunda Kelapa. Tapi, panasnya ga tahan pisaaan. Jadi, kami balik menuju ke Stasiun Kota dan Naik kereta tujuan Stasiun Juanda.

Sampailah di Juanda~

Tujuan kami sampai di Juanda yaitu ke Tempat makan es krim. Namanya RAGUSA. Ragusa itu es krim italy. Banyak pilihan es krim disana. Mulai dari harga Rp 15.000 sampai Rp 20.000-30.000 se porsinya. Saya pesan es krim..... apa ya lupa hahahah. Di depan Ragusa ada beberapa tukang jualan diantaranya jualan sate, asinan, dan lain-lain. Kami pesan 3 mangkuk sate untuk makan baareng-bareng. Makan es krim dan sate, sudah. Perutnya begaaaahh...

Setelah dari Ragusa, kami menuju ke daerah masjid istiqlal karena mau naik Bus Jakarta City Tour. Disana ada haltenya jadi menuggu disana. Beruntung sekali pas ke halte, busnya sudah ada. Jadi, langsung aja naik.

Bus itu bukan hanya digunakan untuk masyarakat yang memang ingin keliling Jakarta. Tapi, masyarakat juga menggunakannya sebagai sarana transportasi untuk ke suatu tempat yang mereka tuju. Tempat duduk di bus itu penuh. Kenapa penuh? karena gratis hahahaha. Lumayankan untuk menghemat ongkos ;D

Ini dia foto-foto saat di bus

Setelah keliling dengan bus Jakarta City Tour, Kami bergegas menuju ke Masjid Istiqlal karena belum sholat Ashar. Ini kedua kalinya saya ke Masjid Istiqlal dan pertama kali ke masjid istiqlal pun sama mereka juga :D Kami memutuskan untuk sekalian sholat magrib disana. Setelah shlat Ashar, saya foto-foto sebentar di Istiqlal. Ini dia foto-fotonya

Photo by Khusnul

Adzan mulai berkumandang. Waktunya melaksanakan sholat Magrib. Di Istiqlal ada Satpam Wanitanya wkwkwk yang bertugas mengatur ketertiban di dalam masjid bagian wanita. Jadi, saat adzan dikumandangkan, satpam wanita itu yang menyuruh untuk bergegas ke karpet sajadah yang sudah disediakan dan merapatkan shaf sebelum melaksanakan sholat.

Setelah sholat magrib, kami merapihkan barang bawaan kami dan siap untuk pulang.. sebelum pulang, saya menyempatkan untuk mengambil gambar lagi dan foto-foto di area terbuka masjid istiqlal. Kalau malam hari masjidnya bagus ;)) Ini dia foto-fotonya

Setelah dari Masjid Istiqlal, kami bergegas ke stasiun Juanda. Kami naik kereta tujuan Stasiun Kota. Kenapa naik kereta tujuan stasiun kota dan bukan langsung naik kereta tujuan bogor ? Karena biar dapet tempat duduk pas pulang kearah tujuan bogornya ;D hahaha. Untung kereta yang saya tempati bakal ke arah bogor. Coba kalo ke bekasi. Repot pisaaaan~

Di dalam kereta tidak terlalu penuh dibandingkan waktu saya pulang dari monas sekitar tahun 2014. Waktu dari monas saya ga duduk sama sekali sampe Stasiun Depok Baru. Dorong-dorongan, empet-empetan, dan lain-lain. Pokoknya parah!

Okey tiba di Stasiun Pondok Cina jam 20.30 langsung menuju parkiran, ambil motor, dan puulaaaangg~

Sekian cerita perjalanan dari sayaa dan sampai jumpa di cerita perjalanan yang selanjutnya ya! ;D

Kalau mau liat video perjalanan saya, bisa play video dibawah ini. atau bisa lihat di chanel Youtube saya disini

1. keren banget foto-fotonya, meskipun pergi ke museum bukan untuk belajar sejarah cuma untuk foto-foto tapi mungkin sedikit banyaknya membaca keterangan disana meskipun fokus foto.. hhe

2. asek ya kelihatannya!

saya tunggu cerita selanjutnya!