Bromo dan Batu, Malang (PART 1)

Malang. Ya!

Sudah jauh-jauh hari saya dan teman-teman merencanakan perjalanan ini. Awalnya berencana antara pergi ke Yogyakarta atau ke Malang. Kami memilih Yogyakarta. Karna Malang itu jauh banget jadi dipikirnya jogja dulu aja deh...

Memilih tempat yang akan dikunjungi, sudah. Lalu kami bikin acara arisan dan tabungan mulai dari bulan Oktober 2014 kalau ga salah atau November? entahlah. Arisannya perminggu. Seminggu Rp 25.000 /Org. Sedikit ya? hahaha ya namanya juga mahasiswa. Uang jajan masih dari Orang Tua. Dari sisa uang jajan disisihin buat arisan. Arisannya ya sama aja untuk nabung sih. Dibuat arisan biar ga males nabung dan status arisannya itu WAJIB, wajib bayar pokoknya wkwk. Selain arisan, juga ada nabung lagi. Terserah nabung berapa aja.


Arisan terus berjalan..

Sampai di akhir bulan Mei, Temen ada yang nyaranin gimana kalo ke malang aja. Jleb.. Udah nyari-nyari informasi ke Yogyakarta gitu.. tau sendiri saya orangnya rajin *anjay*. Kami berunding lagi. Pada setuju ke Malang. Yaudah saya ikut aja. Selama masih di negara sendiri, Indonesia, kenapa engga *aciaah ciaah*. Fix Malang! Setelah cari-cari informasi wisata Malang, Malang asik juga. Yowes.. tujuan kami ke Bro-Mountain alias Bromo dan Batu. 

Arisan masih dan terus berjalan..

Kuliah-kuliah..

Tugas-tugas..

Ujian-ujian yang ga selesai-selesai..

dan akhirnya..

Agustus, Liburaaaaaannnn!!!


Day 1 (Senin, 17 Agustus 2015)

Saya berangkat dari rumah kurang lebih jam 11.45. Ke Kelapa Dua, Depok, dulu jemput Elly, Ica dan Ayya. Start dari Depok jam 12.30. Berangkaaat...

Saya ke Malang naik kereta api Matarmaja (ekonomi) via Stasiun Pasar Senen. Kereta jalan jam 15.15. Setelah sampe Stasiun, Saya ketemuan dengan Emil dan temennya yang ikut liburan. Namanya Layla. Sebelum ngantri pemeriksaan tiket, Dzuhuran dulu. Lalu menuju ke tempat pemeriksaan tiket sekalian ketemuan sama Khusnul disana. Remponglah pokoknya. Ber-enam anak koperan semua wkwk cuma Layla yang pake tas carrier. Tiket baru disiapin pas ngantri. Grasak grusuk heboh.


Pemeriksaan Tiket... Siapkan tiket dan KTP. Disini deg-degan. Sama ga ya identitas saya di tiket sama kayak yang di KTP?? jeng-jeng.. Akhirnya saya lolos.. Kalo tereleminasi udah deh nangis bombay nyanyi lagu menuju puncak impian dihati sambil bawa koper *dikata AFI*. Setelah pemeriksaan tiket, cari gerbong kereta. Saya dan rombongan di gerbong 5.


Yap sudah naik kereta. Saya di tempat duduk nomor 8E. Saya duduk dengan Emil. Pas udah sampai di tempat duduk yang seharusnya saya duduki tiba-tiba ada nenek-nenek di kursi itu. Kata si nenek "mbaknya nomor berapa?" saya bilang "dikursi ini bu di nomor 8. Ibu kok dikursi ini". Si nenek jawab pake bahasa Jawa. Ya saya sama Emil cuma bisa ha ho ha ho kayak tukang keong. Kata ibu-ibu yang kursi sebelah si nenek itu bilang minta tukeran tempat. katanya kalo duduk di kursinya dia nanti puyeng. Yaudah saya duduk aja deh.


Sudah taro barang-barang diatas, saya duduk dan ngecas hp sambil nunggu kereta jalan. Diajak ngomong lagi sama si nenek


N: saya tadi ketinggalan sepur. Saya beli tiket lagi. Sampeyan beli tiket berapa? ke malang ya? *kurang lebih bgtu campur bahasa jawa*


S: pulang pergi 230 ribu bu.


N: oh jadi 115 ribuu ya? kok sama ya? padahal saya turun di solo


S: oh iya? saya ga tau bu


dari percakapan tadi saya mikir. sepur. sepur apaan. ternyata sepur itu kereta.. wkwk


Kereta mulai jalan dan sambil melihat jendela. Ya. Pemandangan masih terlihat kumuh. Tiba-tiba, kok kepala puyeng ya. mikir. hmm pantes aja si nenek minta pindah. kereta jalan maju ke depan sementara saya duduk berlawanan arah. ya puyeng. Si nenek bisa aja lagi. Masuk duluan nuker tempat duduk pfft. Yasudahlah gapapa mengalah. Masih muda ini masih punya jiwa yang kuat.. seterong! *ala-ala devina*


Waktu perjalanan kereta dari Jakarta Ke Malang sekitar 16 Jam. Bayangin aja itu lama banget. Laper. Belum makan siang. Pasti makanan disini mahal. Terus dateng abang-abang kereta nyewain bantal. Okelah sewa. Harga sewa bantal Rp 5000. Lumayan sewa bantal buat bobo. Buat dipeluk berhubung jomblo ga pernah meluk siapa-siapa ya sewa bantal aja biar ada yang bisa dipeluk wkwkwk najis. Oh iya saya berangkat pas hari kemerdekaan. Liat keluar jendela banyak yang lomba. Pengen gabung gitu sama mereka yang lagi lomba panjat pinang, pengen bantuin mereka, bantuin rubuhin pinangnya biar gampang ambil hadiahnya ga perlu susah manjat demi hadiah.


"Nasi-nasi... nasi goreng.. nasi rames.."


Nah mulai dateng nih makanan. Laper banget. Tapi, pasti mahal. Dan bener Harganya Rp 18.000. Yaudah gapapa deh beli dari pada ga makan. Si Emil ga beli karena dia udah makan. Pas dibuka tempatnya, woooow..



dikit pisaaan -,-



Isinya seuprit. Yaudah makan aja deh isi perut. Nasi gorengnya cocok untuk yang lagi diet. Si nenek ikutan makan. Dia bawa nasi bungkus. Enaknya....


Alhamdulillah sudah makan. Lalu diajak ngobrol lagi sama si nenek. 


N: ini adek ternyata diriku masih unyu malangnya dimana?


S: Saya bukan dari malang bu. Mau liburan kesana


N: oh gitu. dari mana?


S: dari depok bu


N: oh saya juga dari depok tadi ketinggalan sepur. depoknya dimananya?


S: di sawangan bu


N: loh sama itu deket rumahnya .. (mantu, paman atau siapa lupa wkwk) yanng rumahnya dekat kali trus belok kanan abis itu belok kiri tuh yang deket bangunan ini .................. *blabla*


S: ............ (nyimak, bengong)


N: ............ (berbusa)


Pengen ngakak coba dia jelasin detail alamat rumahnya. Kan luas sawangan juga kalo dijelasin detail juga ga akan tau itu dimana wkwk.


Sepanjang perjalanan bingung mau ngapain. Liat-liat pemandangan diluar. yang tadinya kumuh, jadi hijau. Pas malam hari ketawa-ketawa terus. Coba-coba bikin dubsmash, terus kirim kiriman foto di grup. Saya sama Emil kirim foto nenek lagi bobo nyenyak, Elly sama Ayya kirim foto ibu-ibu lagi bobo selonjoran bersama suaminya yang sengsara cuma duduk diujung kursinya. Ica sama khusnul kirim foto bapak-bapak tidur lagi mangap. ucap istigfar wkwkwk. 


Di dalam kereta susah tidur. Jadi antara tidur dan enggalah pokoknya. Ini foto-foto didalam kereta pas malam hari







Day 2 (Selasa, 18 Agustus 2015)
Pagi hari. Ya. Masih di dalam kereta. Kereta sampai di Malang sekitar jam 08.00. Kereta yang awalnya padat penumpang sampai akhirnya cuma beberapa orang di gerbong yang saya tempati. Rata-rata penumpang turun sebelum stasiun malang. Mulai sepi. it's time to selonjoraaan~

Pindah-pindah tempat. Selonjoran. Mumpung sepi, selfie-selfie, wefie-wefie. Ini beberapa foto di dalam kereta pas pagi hari.









Ica ga ikutan foto. Dia tidur lagi wkwk.

H-1 dari pihak travel bromo, mas indra, kasih kontak bapak muchsin yaitu orang yang menjemput kami di stasiun malang. Tapi bapak muchsinnya berhalangan tidak bisa menjemput jadi digantikan dengan mas Hari. 


08.00, sampai di stasiun Malang. Yeeay!!. Ini perdana saya menginjakan kaki di kota Malang. Bukan hanya saya. Tapi teman-teman saya semuanya belum pernah ke Malang haha. Langsung aja hubungi Mas Hari. Yap. Sudah ketemu dan langsung menuju mobil. Mas Hari bawa mobil mitsubshi yang seukuran kijang kotak. Semua koper. Nah. Desek-desekan. 1 koper taro didepan. Yaudah bisa-bisain deh yang penting sampe homestay.


Kami memakai jasa travel dan ambil paket bromo. Awalnya Rp 550.000/orang. Tapi seminggu sebelum hari H, berubah menjadi Rp 625.000/orang. Karena jalur ke bromo via Malang ditutup. Sedang ada perbaikan jalan. Pihak travel memilih via pasuruan dan wisata bromo yang awalnya mengunjungi pasir berbisik, pananjakan, kawah, padang savana dan bukit teletubies, jadi tanpa padang savana dan bukit teletubies. Beh.. pas dikasih tau kabar itu, langsung bete pisaan. Tapi tetep jadiin aja deh.


Lanjut. Destinasi pertama ke Alun-alun kota Malang. Katanya kalo belum kesitu, sama aja belum ke Malang. Baru naik mobil. ga lama turun lagi. Cepet banget sampenya. Nah ini foto-fotonya









Di alun-alun hanya foto-foto aja. Ga ada apa-apa wkwk. Abis dari alun-alun, kami cari makan pagi. Diajak Mas Hari makan pecel. Yowes cuss. Makannya didaerah tumpang. Ga tau nama tempat makannya. Pokoknya menu utamaya pecel dan bisa nambah lauk yang lainnya. Saya cuma nambah sayur tahu aja. Alhamdulillah menu yang saya pesen harganya oke binggo. Hanya Rp 8000 hahaha dibawah Rp 10.000. Setelah makan, bersih-bersih sebentar. Gosok gigi dan cuci muka. Dari pada dekil mending bersih-bersih unyu. 

Beres. Setelah dari tempat makan, Kami menuju ke Candi Jago. Asli belum istirahat langsung explore. Belum mandi juga. Biarin lah sekalian bau. Tumpang itu daerah dekat dengan pegunungan. Adem. Semeriwing. Sampailah di Destinasi kedua. Candi Jago..







Yang ini apaan coba jauh banget -,-

Udah foto-foto dan akhirnya. Yap. Menuju homestay. Homestay yang saya kunjungi di daerah gubuklakah. Asik lah bener-bener dingin dan enak pokoknya. Enaa~










Ena lah ena ini homestay-nya. Ada 3 kamar di homestay ini. Namanya juga homestay ya jadi masih ada pemiliknya, Ibu-ibu yang cuma tinggal sama suaminya karena anak-anaknya sudah berkeluarga semua. Kami dapat makan 3 kali. Pas dateng udah disiapin makan. Sebelum makan ya mandi dulu kan pada bau. Untung ada air panas ya jadi ga dingin. Khusnul tanpa nanya-nanya dulu udah mandi duluan pake air dingin. udah kayak mandi es batu katanya. 


Semuanya udah pada mandi. Makaann!!. Makanannya lumayan ena. lezatos. Abis makan, siap-siap, langsung caw explore lagi. Destinasi ketiga yaitu coban pelangi. Alamnya keren, treknya mantap. Ini  foto-fotonya







saya mana saya mana?  ga ada lah orang saya yang jadi kang foto







Saya trekking pake sendal. Ya tujuannya cuman biar simpel aja. Tapi sengsara. Lebih capek. Mending kalo trekking atau apalah pake sepatu atau sepatu sendal aja. Saya paling rusuh gara-gara pake sendal ditempat tanah yang berpasir gitu, jadi ngebul wkwk. Kami terus berjalan menelusuri hutan dimana sebelah tempat kami berjalan adalah jurang. Alamnya bikin ngerefresh otak banget setelah dipusingkan oleh banyaknya ujian di kampus. 


Terus mencari dimana air terjunnya. cacangg!.. sudah terlihat sungai kecil.



mayan kan mas difoto. Instagramnya apa mas? *modus gerilya*




Terus trekking dan akhirnyaaaaa

BOOM!










Sudah lama ga ke air terjun. Asik. Percikan airnya seperti hujan. Kamera hampir kuyub. Rambut jadi klimis. Senaang pokoknya! Vacum waterprove saya laku dipake Ayya buat potret selfie sana sini.


Sudah puas main-main, kami kembali ke atas. Medan baliknya beraat. Kaki pegel. Tanjakannya wow. Ngos-ngosan, istirahat sebentar dan akhirnya sampe juga. Setelah dari coban pelangi, Destinasi ke-empat yaitu ke tempat metik apel. Pas udah sampe kirain perkebunannya kayak dimekar sari gitu kata khusnul. Eh kebunnya kecil pisaaan di samping rumah orang.  Pffft. Disini cuma sebentar dan langsung balik ke homestay.


Pas balik ke homestay, ada tukang sate dan langsung pada beli. Tiba-tiba Emil beli bakso malang, yaudah ikutan beli lagi wkwk. 1 porsi sate seharga Rp 10.000. Ga enak kecil-kecil kebanyakan kulitnya. 1 porsi bakso malang seharga Rp 7000. Nah ini bakso malangnya lumayan. Kuahnya enaa~. Kalo di malang, mie putihnya warna biru. Rada ngeri takut  pake pewarna-pewarna yang aneh. Jadi ga pake mie..


Okey setelah seharian explore, saya istirahat karena sekitar jam 23.00 - 24.00 kami dijemput untuk jalan ke bromo. Sebelum tidur, makan malam. Perutnya pada karung semua. Abis makan sate dan bakso malang terus makan makanan yang dimasakin ibu homestay. Makan udah, duduk sebentar, lalu tidur.



trriiiitt trriiitt triiiit 



Alarm dari HP saya bunyi. Jam 22.30 bangun buat siap-siap. Temen-temen masih pada tidur. Emil dan Layla tidur di sofa. Langsung bangunin teman-teman untuk bersiap-siap. 


Sudah siap semua. Tapi belum dijemput-jemput juga. Hadeehh nunggu lama. Tidur cuma sebentar. 


Day 3 (Rabu, 19 Agustus 2015)

Tiba-tiba denger suara mobil. Yeah akhirnya dateng. Ngareeet.. Kami semua nunggu 2 jam. Mobil dateng jam 00.30. Biasanya orang-orang naik mobil jeep offroad *gimana tulisannya* yang biasa buat ke bromo kapasitas 6 orang. Kami naik mobil yang bisa dibilang kayak jeep juga sih mobil besar gitu tapi untuk kapasitas lebih dari 6 orang sepertinya. Kami naik mobil itu karena abis dari bromo, kami langsung menuju ke Batu. Semua koper langsung dibawa. Jadi ke bromo bawa-bawa koper wkwk.

Perjalanan dimulai. Jalanan sepi, gelap, dan ga ada orang sama sekali. 2 kursi di depan diisi guide dan supir. Kursi tengah diisi 4 orang. Kursi belakang diisi 3 orang bersama koper-koper. Serba empet-empetan. 


Saat dipasuruan tiba-tiba ada jalanan ditutup dengan gundukan pasir. Kan bingung. Supir juga bingung harus lewat jalan mana lagi. Mulai pada takut. Akhirnya si supir nekat trobos gundukan pasir. Ancang-ancang dulu. Semua pada ucap bismillah dan istigfar. Daaannn...



Berhasiiil!!


ngeri-ngeri. Jalanan ditutup gundukan pasir kayaknya supaya orang ga pada lewat situ. Karna jalanannya yang ditutupin sebagian itu rusak gitu. Ngeri jeblos. Okey. Perjalanan diteruskan. Karena jalanannya yang parah berkelok-kelok. Yang duduk dibelakang mulai puyeng. Tiba-tiba ica mual. Mau muntah. Mobil berhenti. Yang dibelakang turun semua. Sementara sebagian pada pakai minyak kayu putih. Yang mual tukeran tempat duduk. Saya dan Layla pindah kebelakang. Jadi ditengah berlima. Dibelakang berdua. Hahahah. Pantes aja mual. Saya duduk dibelakang ga menghadap ke depan. Tapi menghadap ke jendela sampiing dan dibelakang banyak koper. Asli disitu pengep. pengep banget. Oksigen berkurang. Saya mulai puyeng.


Akhirnya sampe ke parkiran jeep. Kami semua turun. Dingin banget -,-. Udah dingin, sempoyongan. Mulai muncul penyewa jaket-jaket tebel. 


"Jaket-jaket.. Mba jaketnya ini.. nanti dipuncak dingin"


Saya pakai double kaos tebel dan 1 jaket biru sport yang biasa aja ga tebel, pakai sarung tangan, dan double kaos kaki. Itu semua tembus dinginya. Akhirnya memutuskan buat sewa jaket. Berenam sewa jaket. Awalnya harga sewanya berapa gitu lupa. Ditawar jadi 15ribu. Lumayanlah. Brrrr dingin. 


Destinasi hari itu kami ke pananjakan 1 untuk lihat sunrise dan gunung bromo, batok, semeru dari atas. Ini foto-fotonya



Sewa jaket. Pilih-pilih jaket.







Setelah sewa jaket, kami menuju pananjakan 1. Dan ternyata masih sepi. Nongkrong dulu di warung. Pesen yang hangat-hangat. Saya pesan teh manis panas Rp 4000. Ini foto-foto di warung






Ueenaaak tenann




Setelah minum yang panas-panas, kami bergegas menuju pananjakan 1. Pas menuju kesana,oksigen tipis, sesek napas, dan sempoyongan. Sudah ada banyak orang disana. Duduk dulu sambil menunggu sunrise. Disana banyak orang yang jualan bunga edelweis. Teman ada yang pengen beli. Terus ada abang-abang yang nyamperin. Nanya harganya berapa. Katanya Rp 20.000 kalo ga salah. Bunganya bagus kalo kering. 


A: Nih mba liat bunganya cantik. kalo kering lebih bagus lagi. *sambil senterin bunganya*


T: Dihh apanya yang cantik mas? Sereeem.. *fokus ke muka abangnya yang disenterinn* wkwkwk dodol


Temen saya ga srek. Yaudah ga jadi. Lalu muncul lagi pedagang bunga edelweis. Yang jualan anak kecil wkwk.


AK: Mba bunga edelweisnya nih mba. cantik.


T: Berapa dek bunganya?


AK: dua puluh ribu mba *kalo ga salah*


T: yahh..


AK: ya ditawarlah mbaa.. ayo beli mba..


wkwkwk pas anak kecil lagi nawarin bunga, pedagang yang tadi dateng lagi nawarin lagi. Terus tiba-tiba dua pedagang dateng lagi. Totalnya 4 pedagang lagi nawarin bunga ke temen saya wkwkwk.  Yang 3 bubar. Anak kecil ini masih nawarin.


AK: Ayolah mba beli.. tawar aja mba ..


T: sepuluh ribu ya?


AK: yah mba..


T: sepuluh ribu aja ya.. saya beli..


AK: Yaudah mba..*sambil ambil kantong plastik*


T: eh bunganya mau diapain dimasukin ke situ?


S: ya mau dikantongin mil.. dibungkus.. gimana sih..


AK: ini mba bunganya.. semogaaa makin AHAAY ya mba..


begitulah percakapan yang ga penting pas beli bunga edelweis wkwkwkkw.


Oke. Pananjakan 1 mulai padat. Banyak orang yang sudah berdiri ditempat dimana mereka akan melihat sunrise. Langit sedikit demi sedikit mulai terang. Mulai berwarna orange. Saya kira itu the jack lagi pada main di awan. Saya langsung cari tempat deket pager. dapat. Depan saya orang bule. Pengen join sama mereka. Takut. Takutnya mereka nya yang ngeri sama saya. Yap. Ini diaaaa












 Ini kereen!!









Sial. Batre kamera habis. Lupa ngecas. Ga bisa foto-foto di kawah sama pasir bersisik -,-  Yaudah ngandelin kamera mas-mas guide nya aja. Setelah lihat sunrise, Kami menuju ke Gunung bromonya, ke kawah. Naik lagi ke mobil. Sampailah di parkiran jeep lagi. Untuk ke Gunung Bromonya tidak bisa pakai jeep. Ada 2 pilihan. Jalan kaki atau naik kuda. Kami berunding. Mau jalan atau naik kuda. Katanya harga kuda sekitar Rp 150.000 an. Saya tidak tau. Bisa ditawar. Jadi Rp 110.000. Yaudah okedeh. Pas mau naik kuda saya ngeri takut jatuh lagi kayak waktu TK sampe geser tulangnya. Mana gede badan saya. Akhirnya dituntun sama abang-abang kudanya. Bokong saya digotong ke atas wkwk. Akhirnya bisa. Anjay ngeri. Mau jatuh. 

Sudah naik kuda semua, lalu jalaan. Disana bau. Bau kuda, Bau tai kuda, Debu karena pasirnya, Baju jadi bau kuda. Pedih mata, dan lain-lain.Banyak banget tai kuda disana. Kudanya ica jalan sambil boker wkwk.


Sampailah di parkiran kuda. Beli aqua dulu buat basahin masker biar bau belerangnya ga nyengat. Gunung bromo adalah gunung yang paling mudah didaki dari pada gunung-gunung lainnya di indonesia. Ada fasilitas untuk kesana seperti kuda. Di gunungnya pun sudah ada tangganya wkwk. Walapun ada tangganya yaaa ini super capek. Lebih capek daki bromo daripada trekking pas di coban pelangi. Ini diaa 













Setelah puas disini, kami menuju ke pasir berbisik. Naik kuda lagi. Naik mobil lagi. Sampailah di pasir berbisik.







Setelah puas berfoto-foto disini, naik mobil lagi menuju batu. Menuju batu kami tetap pakai mobil yang kami naiki tapi nambah bayar lagi. Karna diluar travel. Sewa 1 mobil Rp 200.000 jadi sekitar Rp 29.000 per orang. Ya sama seperti saat berangkat. Jalan berkelok-kelok, rusak, dan lain-lain. Saya dibelakang ga bisa tidur. Pusing dan kejedot terus. Lelah. Pas sudah mau dekat daerah batu, saya ngabarin pihak homestaynya. Katanya ketemuan di indomaret depan jatimpark 2 aja, saya pakai sepeda kuning. Kebetulan kami pilih homestay dekat dengan jatimpark. Okey kami menunggu. 

Mana sepeda kuningnya. Ga muncul-muncul. Kata temen saya mungkin itu tuh yang naik motor kuning. Kata temen saya yang satu lagi, bukaan kan katanya naik sepeda. Dan ternyata bener yang naik motor kuning wkwk. Jadi disana nyebut motor itu sepeda wkwk.

Homestay Kasuari, itu nama penginapannya. Letak homestaynya di komplek perumahan "Batu Permai". Tarif per malamnya Rp 500.000 dan kami sewa untuk 3 malam jadi Rp 1.500.000. Karena tujuh orang jadi Rp 215.000/orang, lumayanlah ya hehe. Homestaynya ga seluas seperti yg di gubuklakah sih. Tapi lumayan lah bersih. kamar tidur 2. Ada kasur tambahan juga. Ditambah udara didaerah batu juga adem dingin. pokoknya, Enaaa~



Sudah sampai taro barang lalu mandi. Setelah mandi kami pesen makanan. Saya pesen nasi pecel Rp 9000. Abis makan lalu istirahat, tidur sebentar. Lumayanlah buat menghilangkan sedikit rasa capek.

Oh iya kalo liburan ke suatu tempat harus coba kreatif wkwk. Kalo males bawa pakaian kotor pas pulangnya, bisa cuci dihomestay. Bawa detergen. Kalo nyuci kan juga butuh tempat untuk jemur baju juga kan, nah beli aja tali rafia atau tambang. Kemarin kepake juga talinya buat jemur karena jemuran yang dari homestay ga cukup. Begitu deh...

Oh iya ini informasi biaya pengeluaran saya selama 3 hari


Setiap melakukan perjalanan yang jauh, catat biaya pengeluaran disana. Biar kita bisa memanage keuangan selama disana. Biar gimana caranya ga boros disana. Okey cukup sampai disini dulu cerita saya. Part 2 nya silahkan baca disini :))




3 comments: